Kamis, 07 Juli 2016

" KEUTAMAAN SHOLAT JUM'AT "

Assalaamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim


Keistimewaan Shalat Jum’at bagi setiap laki – laki Muslim yang mengerjakan menurut ajaran islam yang pertama ialah akan mendapatkan pahala yang sangat besar dan hal tersebut seperti tertera didalam Sabda Nabi Muhammad Saw yang berbunyi,
” Siapa yg mandi pada hari Jum’at dan bersegera berangkat menuju Masjid untuk mengerjakan Shalat Jum’at dan menempati Shaf terdepan, lalu dia diam mendengarkan Khutbah Jum’at maka setiap langkah yg dia ayunkan akan mendapatkan pahala shalat dan puasa selama satu tahun dan itu adalah hal yg mudah bagi Alloh (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan)”.

Kemudian untuk Keutamaan Shalat Jumat selanjutnya yg dapat di peroleh seseorang Muslim yg mengerjakan Shalat Jum’at adalah dapat digunakan sebagai penghapus suatu Dosa dan hal ini seperti tertera didalam Hadist Muslim no 233 tentang Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ” Di antara Shalat Wajib Lima Waktu, antara Jum’at (Shalat Jum’at) yg satu dan Jum’at yg berikutnya itu bisa menghapuskan dosa di antara keduannya selama mereka tidak melakukan dosa besar (HR Muslim diriwatkan oleh Abu Hurairah)”.

Lalu untuk Hari Jum’at sendiri merupakan salah satu Hari teristimewa didalam Ajaran Islam
dan ” Sesungguhnya didalam Hari Jum’at apabila ada seseorang Muslim yg mengerjakan Shalat Jum’at ataupun Shalat Wajib Lima Waktu lainnya dan memohon atau berdoa kebaikan kepada Alloh Swt maka niscaya Alloh akan mengabulkan doa setiap Muslim tersebut
(HR. Muslim) ”. 

Sedangkan Kelebihan Shalat Jum’at selanjutnya ialah Alloh akan mensempurnakan agama seorang Muslim dan mencukupkan Nikmatnya, hal ini seperti diterangkan didalam Firman Alloh Swt, 

” Pd hari ini telah kusempurnakan untuk km agamamu dan tlah ku cukupkan kpd mu nikmatku dan telah ku ridhoi islam jd agama bagimu (QS. Al Ma’idah :3)”.



Oleh sebab itu melihat Keutamaan Shalat Jum’at didalam Ajaran Islam sangat banyak sekali yg dapat diperoleh bagi setiap Laki – Laki Muslim yg termasuk kedalam Golongan Wajib Mengerjakan Shalat Jum’at maka mulai dari sekarang jangan sampai melalaikan Shalat Jum’at karena untuk Hukum Yang Meninggalkan Shalat Jum’at bagi mereka yg telah diwajibkan untuk mengerjakan Shalat Jum’at ini antara lain akan ditutupnya hati seseorang Muslim dari Hidayah dan Rahmat bagi mereka yg tidak mengerjakan Shalat Jum’at sebanyak tiga kali berturut – turut dan akan dianggap sebagai Orang Munafik yang tidak mengakui Agama Islam sebagai Agamanya jika seorang Muslim yg benar – benar lalai dan tidak mengerjakan Shalat Jum’at.

Semoga kita digolongan pada ummat Muhammad SAW yang Istiqomah dalam menjalankannya untuk meraih kebaikan-kebaikan yang Allah SWT janjikan . . .Amiin yaa raubbal'alamiin . . .

Alhamdulillahirabbil'alamin 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


https://www.facebook.com/adadicatatanku/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar