Kamis, 21 Oktober 2010

AGUS SALIM



Agus Salim adalah Seorang Diplomat Ulung yang pernah dimiliki Bangsa ini. Beliau fasih dalam beberapa bahasa asing san pandai berpidato, belajar sendiri tanpa guru yang berpenampilan sering memakai sarung dan peci, berkumis dan berjanggut.


Konon khabarnya ketika beliau makan malam dalam jamuan resmi dengan Ratu Inggris, Seorang Diplomat setengah menghina bertanya : “Saya dengar kebanyakan bangsa Tuan kalau makan masih menggunakan jari tangan, kedengarannya kotor sekali, bukan seperti pakai Sendok dan Garpu bagi orang Eropah atau Sumpit bagi orang China. Dan manakah yang paling bersih diantara ketiganya” seraya melihat sekeliling .

Kemudian Agus Salim Menjawab : “Tuan Betul , Sendok dan Garpu memang bersih, apalagi jika dibuat dari perak. Sebelum dipakai terlebih dahulu dicuci oleh pelayan. Sumpit bersih dan amat praktis, sekali pakai dibuang, bisa juga dicuci untuk dipakai lagi”.

Setelah batuk sedikit beliau melanjutkan : “Tetapi yakinkah Tuan bahwa sendok yang Tuan pakai itu bener-benar bersih, karena waktu mencucinya Tuan tidak melihatnya, bagaimana cara mencucinya dan air apa yang dipakai, atau kalau sebelumnya diludahi atau dikencingi oleh Pelayannya, Tuan tidak akan tahu kalau Garpu atau Sumpit itu sebelum dicuci sudah dipakai terlebih dahulu oleh pelayan Tuan untuk menggaruk punggung, mengaduk comberan, membunuh coro atau buat garuk ketombe. Kalau sang pelayan sedang marah, semua yang buruk-buruk bisa saja terjadi terhadap peralatan makan Tuan, tanpa kelihatan. Dan siapakah yang meragukan kesucian dan kebersihan jari tangan kita sendiri. Kita paling tahu apa yang kita habis pegang sebelum makan. Kita paling tahu kalau jari tangan kita sudah dipergunakan untuk mencolek lubang hidung, lubang telinga, lubang pantat atau menoleh lubang-lubang lainnya”

Dengan kalem dan santai Beliau melanjutkan makan malamnya dengan tidak menghiraukan Tamu undangan yang lain sedang berfikir tentang jawabannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar